Sabtu, 24 Februari 2018 | 12.42 WIB
KiniNEWS>Bola>Indonesia>Buntut keributan maut, suporter PSM Medan dilarang masuk stadion

Buntut keributan maut, suporter PSM Medan dilarang masuk stadion

Reporter : Junaidi Ismad | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 02:07 WIB

IMG-1722

Kerusuhan suporetr PSM Medan. Istimewa

Jakarta, kini.co.id – Buntut dari keributan dengan pendukung Persita Tangerang pada Rabu (11/10) lalu, suporter PSMS Medan terkena sanksi larangan empat kali masuk stadion oleh Komisi Disiplin Persatuan Sepak Bola Indonesia (Komdis PSSI).

Keputusan tersebut atas peristiwa yang menewaskan seorang suporter Persita, Banu Rusman itu diputuskan dalam sidang Komdis PSSI di Jakarta pada Rabu (18/10). Selain larangan suporter masuk stadion, PSMS Medan juga dikenakan denda Rp30 juta.

“Suporter PSMS Medan terlibat saling lempar yang menimbulkan korban jiwa,” sebut Komdis dalam keputusannya yang dikutip dari keterangan resmi PSSI yang diterima di Jakarta pada Jumat (21/10).

Komdis PSSI juga menghukum panita pelaksana pertandingan Persita Tangerang dengan denda sebesar Rp22,5 juta dan menjalani satu kali laga tanpa penonton.

Selain itu, sidang Komdis PSSI terkini menetapkan hukuman terhadap Madura United atas lima kesalahan berbeda yang semuanya dilakukan saat laga melawan Pusamania Borneo FC pada Kamis (12/10).

Pertama, sanksi lima kali dilarang masuk stadion dan denda Rp50 juta untuk Zia Ul Haq Abdurrahim, Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu, perusahana penaung Madura United, karena masuk lapangan dan menendang asisten wasit.

Kedua, ofisial Umar Wachdim dikenakan hukuman lima kali larangan masuk stadion dan denda Rp25 juta karena masuk ke lapangan dan menendang wasit.

Ketiga, pemain Madura United Ali Fachmi yang dihukum denda Rp25 juta dan tidak boleh masuk stadion sebanyak lima pertandingan karena memukul wasit.

Komdis PSSI juga memutuskan Madura United menjalani empat pertandingan usiran (di luar Madura) dan harus tanpa penonton karena suporter mereka melempar asisten wasit sampai terluka dan seorang ofisial tidak tercatat menendang wasit.

Atas ofisial tidak dikenal yang menendang wasit itu, Madura United juga dikenakan hukuman denda Rp25 juta.

Di samping sanksi-sanksi tersebut, vonis-vonis lain dari Komdis seperti hukuman denda Rp75 juta dan larangan memasuki stadion sebanyak lima kali untuk Manajer Bhayangkara FC Sumardji yang dianggap mendatangi dan mendorong asisten wasit saat timnya berhadapan dengan Barito Putra pada Minggu (15/10).

Hukuman lainnya, manajer klub Liga 2 Persika Karawang Rakhmat Gunadi dilarang masuk stadion sebanyak dua kali dan wajib membayar denda Rp30 juta.

Empat hukuman terakhir diberikan kepada panitia pelaksana pertandingan yaitu PSM Makassar, Persebaya Surabaya, PSPS Pekanbaru, dan Persik Kediri.

Panpel PSM Makassar divonis denda Rp33,75 juta karena suporter melakukan pelemparan saat menghadapi Persib Bandung pada Minggu (15/10).

Panpel Persebaya Surabaya didenda Rp67,5 juta karena ada suporter yang melakukan pelemparan dan merusak gerbang masuk ketika berhadapan dengan Kalteng Putra di Liga 2.

Panpel PSPS Pekanbaru dihukum Rp30 juta karena suporternya melakukan pelemparan saat laga versus Cilegon United di Liga 2 pada Selasa (10/10/2017). Terakhir, panpel Persik Kediri disanksi denda Rp15 juta usai pendukungnya melempar sesuatu ketika berhadapan dengan Yahukimo FC pada Rabu (11/10). []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Bola Terkini Lainnya
Milan bertemu Arsenal, Atletico ditantang Lokomotiv
Internasional - Sabtu, 24 Februari 2018 - 07:46 WIB

Milan bertemu Arsenal, Atletico ditantang Lokomotiv

Arsenal berjumpa tim Italia AC Milan di babak 16 besar Liga Eropa, sementara Atletico Madrid ditantang Lokomotiv Moskwa.The Gunners mengalami ...
Bhayangkara FC perkenalkan skuat musim 2018
Liga Indonesia - Sabtu, 24 Februari 2018 - 07:35 WIB

Bhayangkara FC perkenalkan skuat musim 2018

Juara bertahan Liga 1 Indonesia, Bhayangkara FC resmi mengumumkan skuatnya untuk mengarungi kompetisi musim 2018. Juara bertahan itu memperkenalkan 26 ...
Ditekuk Ostersunds Arsenal tetap melaju di Liga Europa
Internasional - Jumat, 23 Februari 2018 - 07:54 WIB

Ditekuk Ostersunds Arsenal tetap melaju di Liga Europa

Arsenal menelan kekalahan di leg 2 babak 32 besar Liga Europa 2017--2018. Menjamu Oestersunds di Stadion Emirates, Jumat (23/2) dini ...
Dortmund singkirkan Atlanta dari Liga Europa
Internasional - Jumat, 23 Februari 2018 - 07:38 WIB

Dortmund singkirkan Atlanta dari Liga Europa

Borussia Dortmund memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Europa usai memaksa hasil imbang 1-1 melawan Atalanta di leg kedua ...
Menang di kandang Leipzig, Napoli malah tersingkir
Internasional - Jumat, 23 Februari 2018 - 07:21 WIB

Menang di kandang Leipzig, Napoli malah tersingkir

Meski menang meyakinkan 2-0 di kandang RB Leipzig pada leg kedua babak 32 besar Liga Europa, Jumat (23/2) dini ...
Menang tipis atas Ludogorets, Milan lolos babak 16 besar
Internasional - Jumat, 23 Februari 2018 - 07:06 WIB

Menang tipis atas Ludogorets, Milan lolos babak 16 besar

AC Milan memastikan lolos babak 16 besar usai menang tipi atas Ludogorets Razgrad pada leg kedua babak 32 besar Liga ...