Sabtu, 25 November 2017 | 01.36 WIB
KiniNEWS>Bola>Indonesia>Buntut keributan maut, suporter PSM Medan dilarang masuk stadion

Buntut keributan maut, suporter PSM Medan dilarang masuk stadion

Reporter : Junaidi Ismad | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 02:07 WIB

IMG-1722

Kerusuhan suporetr PSM Medan. Istimewa

Jakarta, kini.co.id – Buntut dari keributan dengan pendukung Persita Tangerang pada Rabu (11/10) lalu, suporter PSMS Medan terkena sanksi larangan empat kali masuk stadion oleh Komisi Disiplin Persatuan Sepak Bola Indonesia (Komdis PSSI).

Keputusan tersebut atas peristiwa yang menewaskan seorang suporter Persita, Banu Rusman itu diputuskan dalam sidang Komdis PSSI di Jakarta pada Rabu (18/10). Selain larangan suporter masuk stadion, PSMS Medan juga dikenakan denda Rp30 juta.

“Suporter PSMS Medan terlibat saling lempar yang menimbulkan korban jiwa,” sebut Komdis dalam keputusannya yang dikutip dari keterangan resmi PSSI yang diterima di Jakarta pada Jumat (21/10).

Komdis PSSI juga menghukum panita pelaksana pertandingan Persita Tangerang dengan denda sebesar Rp22,5 juta dan menjalani satu kali laga tanpa penonton.

Selain itu, sidang Komdis PSSI terkini menetapkan hukuman terhadap Madura United atas lima kesalahan berbeda yang semuanya dilakukan saat laga melawan Pusamania Borneo FC pada Kamis (12/10).

Pertama, sanksi lima kali dilarang masuk stadion dan denda Rp50 juta untuk Zia Ul Haq Abdurrahim, Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu, perusahana penaung Madura United, karena masuk lapangan dan menendang asisten wasit.

Kedua, ofisial Umar Wachdim dikenakan hukuman lima kali larangan masuk stadion dan denda Rp25 juta karena masuk ke lapangan dan menendang wasit.

Ketiga, pemain Madura United Ali Fachmi yang dihukum denda Rp25 juta dan tidak boleh masuk stadion sebanyak lima pertandingan karena memukul wasit.

Komdis PSSI juga memutuskan Madura United menjalani empat pertandingan usiran (di luar Madura) dan harus tanpa penonton karena suporter mereka melempar asisten wasit sampai terluka dan seorang ofisial tidak tercatat menendang wasit.

Atas ofisial tidak dikenal yang menendang wasit itu, Madura United juga dikenakan hukuman denda Rp25 juta.

Di samping sanksi-sanksi tersebut, vonis-vonis lain dari Komdis seperti hukuman denda Rp75 juta dan larangan memasuki stadion sebanyak lima kali untuk Manajer Bhayangkara FC Sumardji yang dianggap mendatangi dan mendorong asisten wasit saat timnya berhadapan dengan Barito Putra pada Minggu (15/10).

Hukuman lainnya, manajer klub Liga 2 Persika Karawang Rakhmat Gunadi dilarang masuk stadion sebanyak dua kali dan wajib membayar denda Rp30 juta.

Empat hukuman terakhir diberikan kepada panitia pelaksana pertandingan yaitu PSM Makassar, Persebaya Surabaya, PSPS Pekanbaru, dan Persik Kediri.

Panpel PSM Makassar divonis denda Rp33,75 juta karena suporter melakukan pelemparan saat menghadapi Persib Bandung pada Minggu (15/10).

Panpel Persebaya Surabaya didenda Rp67,5 juta karena ada suporter yang melakukan pelemparan dan merusak gerbang masuk ketika berhadapan dengan Kalteng Putra di Liga 2.

Panpel PSPS Pekanbaru dihukum Rp30 juta karena suporternya melakukan pelemparan saat laga versus Cilegon United di Liga 2 pada Selasa (10/10/2017). Terakhir, panpel Persik Kediri disanksi denda Rp15 juta usai pendukungnya melempar sesuatu ketika berhadapan dengan Yahukimo FC pada Rabu (11/10). []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Bola Terkini Lainnya
Rahmad Darmawan resmi tukangi Sriwijaya FC
Indonesia - Jumat, 24 November 2017 - 20:37 WIB

Rahmad Darmawan resmi tukangi Sriwijaya FC

Pelatih Rahmad Darmawan akhirnya kembali pulang ke tanah air yang resmi menjadi pelatih klub Sriwijaya FC yang akan bertarung di ...
PSSI resmi tunjuk Bima Sakti jadi pelatih timnas U-19
Indonesia - Jumat, 24 November 2017 - 16:04 WIB

PSSI resmi tunjuk Bima Sakti jadi pelatih timnas U-19

Mantan kapten Timnas Indonesia, Bima Sakti, resmi ditunjuk federasi sepakbola nasional (PSSI) menjadi pelatih kepala timnas U-19.Sebelumnya, Bima Sakti menjadi ...
Peringkat Indonesia di FIFA naik 11 tingkat diposisi 154
Internasional - Kamis, 23 November 2017 - 19:11 WIB

Peringkat Indonesia di FIFA naik 11 tingkat diposisi 154

Peringkat Indonesia di Badan Sepakbola Dunia (FIFA) kembali menunjukkan nilai positif dengan naik 11 tingkat pada bulan November ini yakni ...
Trio Macan bawa PSG pecahkan rekor tim tergemuk gol
Internasional - Kamis, 23 November 2017 - 10:38 WIB

Trio Macan bawa PSG pecahkan rekor tim tergemuk gol

Paris Saint-Germain (PSG) baru saja menorehkan rekornya di Liga Champions. Dengan raihan kemenangan telak dari Celtic membuat PSG menjadi ...
Indonesia kembali kalah dari Suriah 0-1
Indonesia - Sabtu, 18 November 2017 - 20:26 WIB

Indonesia kembali kalah dari Suriah 0-1

Timnas Indonesia kembali harus menerima kekalahan dari timnas U-23 Suriah dalam uji cobanya untuk yang kedua kalinya melawan tim ...
Timnas Indonesia dipecundangi Suriah
Indonesia - Kamis, 16 November 2017 - 22:10 WIB

Timnas Indonesia dipecundangi Suriah

Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan di laga uji coba yang berlangsung Kamis (16/11) sore, yang menjamu Suriah U-23 di ...