Minggu, 22 Oktober 2017 | 15.09 WIB
KiniNEWS>Bola>Internasional>Bungkam Laos 0-3, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2018

Bungkam Laos 0-3, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2018

Reporter : Junaidi Ismad | Jumat, 22 September 2017 - 19:44 WIB

IMG-1649

Pemain Timnas U-16 Indonesia berebut bola dengan dua pemain Loas pada laga akhir kualifikasi Piala Asia 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Jumat (22/9) sore. Foto Lao Federation Football (LFF).

Bangkok, kini.co.id – Timnas U-16 Indonesia memastikan lolos ke Piala Asia U-16 2018 di Malaysia. Tiket tersebut didapat sebagai juara Grup G setelah menumbangkan Laos dengan skor 3-0 yang berlaga di Stadion Rajamangala, Bangkok, Jumat (22/9) sore.

Laga tersebut merupakan terakhir bagi Indonesia setelah sebelumnya menekuk Northern Mariana Islands 18-0, Timor Leste 3-1, dan Thailand 1-0. Garuda Asia berhasil mengumpulkan nilai sempurna 12 poin dari empat pertandingan.

Indonesia sebetulnya hanya membutuhkan hasil seri untuk menjadi juara Grup G sekaligus memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018. Adapun bagi Laos ini merupakan partai ketiga.

Dengan tampil menyerang sejak awal pertandingan. Dua percobaan dilakukan pada menit ke-16, namun bola diblok.

Sejumlah usaha lewat sepak pojok dan tendangan bebas belum membuahkan hasil. Indonesia baru membuat gol pada menit ke-25.

Gol pertama Indonesia dicetak oleh Sutan Diego Armandoondriano Zico setelah bola sepakan rekan setim diblok Dim Phoutthavong.

Bola muntah disambar Sutan Zico dan menggetarkan jala gawang Laos sekaligus membuat Indonesia memimpin 1-0.

Timnas U-16 Indonesia terus mencoba mencari gol lain. Sementara itu percobaan dilakukan Chony Wenpaserth tapi tak menjadi gol pada menit ke-32. Usaha Chony juga gagal pada menit ke-41.

Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia tidak berubah hingga paruh pertama berakhir.

Timnas U-16 Indonesia baru menggandakan keunggulan lewat gol pada menit ke-59. Sutan Zico kembali mencatatkan nama di papan skor setelah menyambut bola hasil umpan dari sisi samping.

Ini merupakan gol ke-10 Sutan Zico. Sebelumnya ia mencetak lima gol atau quintrick saat menang atas Northern Mariana Islands dan tiga gol atau hattrick saat menundukkan Timor Leste.

Indonesia hampir unggul tiga gol tanpa balas. Bola yang melaju ke gawang dan dikira kiper Laos Dim Phoutthavong akan masuk, mengenai tiang sebelum diamankan pada menit ke-71.

Sedangkan pada menit ke-74, usaha Rendy Juliansyah tak membuahkan hasil. Indonesia justru hampir kebobolan pada menit yang sama, beruntung bola mengenai tiang.

Sutan Zico tak mampu membuat gol lagi pada menit ke-86. Bola sepakannya berbelok dan keluar lapangan.

Timnas U-16 Indonesia kemudian mendapat penalti pada menit ke-95. Rendy Juliansyah sukses menjalankan tugas yang membuat Indonesia memimpin 3-0 hingga laga berakhir.

Kemenangan ini membuat Indonesia sempurna di Grup G dengan poin 12 dari empat pertandingan. Jumlah poin tak bisa dilampaui sehingga akan tetap di puncak.

Adapun Laos tetap dengan tiga poin dari tiga laga sebelum bertemu tuan rumah Thailand di laga terakhir pada 24 September.

Selain Indonesia, putaran final akan diikuti sembilan juara grup lain dan lima runner-up terbaik. Runner-up terbaik keenam ikut serta jika Malaysia masuk dalam daftar 10 juara grup dan lima runner-up terbaik.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Bola Terkini Lainnya
Buntut keributan maut, suporter PSM Medan dilarang masuk stadion
Indonesia - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 02:07 WIB

Buntut keributan maut, suporter PSM Medan dilarang masuk stadion

Buntut dari keributan dengan pendukung Persita Tangerang pada Rabu (11/10) lalu, suporter PSMS Medan terkena sanksi larangan empat kali masuk ...
Marc Klok: Pertandingan Bhayangkara FC Vs PSM Makassar Tidak Live Adalah Lelucon
Indonesia - Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:29 WIB

Marc Klok: Pertandingan Bhayangkara FC Vs PSM Makassar Tidak Live Adalah Lelucon

Gelandang PSM Makassar, Marc Anthony Klok, menyanyangkan tiadanya siaran langsung televisi pada kompetisi lanjutan Liga 1 2017 antara Bhayangkara FC ...
Ketimbang Komentari Laga Melawan Bhayangkara FC, Albert Lebih Soroti 2 Hal Ini
Indonesia - Rabu, 18 Oktober 2017 - 19:34 WIB

Ketimbang Komentari Laga Melawan Bhayangkara FC, Albert Lebih Soroti 2 Hal Ini

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, tidak ingin menjawab pertanyaan wartawan mengenai persiapan timnya melawan Bhayangkara FC pada kompetisi lanjutan ...
Jelang Laga Kandang, Bhayangkara FC Waspadai Semua Lini PSM Makassar
Indonesia - Rabu, 18 Oktober 2017 - 19:30 WIB

Jelang Laga Kandang, Bhayangkara FC Waspadai Semua Lini PSM Makassar

Bhayangkara FC akan menjamu PSM Makassar dalam kompetisi lanjutan Liga 1 2017 putaran kedua di Stadion Patriot Candrabhaga, Kamis (19/10/2017) ...
Demo Persib, Bobotoh Teriak Manajemen Bobrok
Indonesia - Selasa, 17 Oktober 2017 - 16:21 WIB

Demo Persib, Bobotoh Teriak Manajemen Bobrok

Ribuan anggota Bobotoh mendatangi Graha Persib di Jalan Sulanjana, Bandung, Selasa (17/10).Demo tersebut digelar untuk menunjukkan protes atas kinerja manajemen ...
Persela pensiunkan nomor punggung 1 demi hormati Choirul Huda
Ragam - Senin, 16 Oktober 2017 - 19:09 WIB

Persela pensiunkan nomor punggung 1 demi hormati Choirul Huda

Manajemen Persela Lamongan memutuskan untuk mempensiunkan nomor punggung 1. Nomor punggung 1 sebelumnya dipakai oleh Choirul Huda.Keputusan ini sebagai bentuk ...