Selasa, 26 September 2017 | 10.52 WIB
KiniNEWS>Bola>Internasional>Gunduli Brunei 0-8, Indonesia lolos ke semifinal

Gunduli Brunei 0-8, Indonesia lolos ke semifinal

Reporter : Junaidi Ismad | Rabu, 13 September 2017 - 17:57 WIB

IMG-1623

Tendangan Egy Maulana menggetarkan jala gawang Brunei pada menit ke-22 di laga terakhir grup B AFF U-18 2017, Indonesia lolos ke semifinal, Rabu (13/9). Foto MFF

YANGON, kini.co.id – Timnas U-19 Indonesia memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF u-18 2017. Anak asuh Indra Sjafri itu memenuhi syarat lolos tanpa terpengaruh laga lain, yakni Vietnam melawan Myanmar.

Indonesia menang telak atas Brunei Darussalam 8-0 di laga terakhir Grup B di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9) sore.

Sejak babak berjalan 43 detik, Indonesia mampu unggul 1-0. Gol pertama timnas U-19 Indonesia dicetak M. Rafli setelah berhasil mencuri bola.

Sempat terjatuh, Rafli bisa menguasai bola sebelum menceploskan ke gawang Brunei.

Garuda muda hampir membuat gol lagi pada menit ketiga. Namun bola sepakan M. Rafli belum menemui sasaran. Sementara percobaan Egy Maulana Vikri pada menit kelima gagal berbuah gol.

Timnas U-19 Indonesia terus menyerang dan melakukan percobaan. Pada menit ke-14 bola sepakan Feby Eka Putra diblok.

Indonesia membuat gol lagi pada menit ke-18, setelah bola sepakan Egy Maulana Vikri terblok namun mengarah ke gawang. Bola coba dibuang Nazif Safwan, namun tetap masuk.

Egy Maulana menggetarkan jala gawang Brunei untuk ketiga kalinya setelah memaksimalkan umpan terobosan. Bola sepakan kaki kiri Egy ke tiang jauh dan masuk pada menit ke-22.

Indonesia terus mencoba. Bola sepakan M. Rafli pada menit ke-37 dihalau Amirul Zulkarnain.

Indonesia nyaris membuat gol lagi pada menit ke-39, namun Witan Sulaeman terlambat menyambut umpan Egy yang melewati depan gawang Brunei.

Skor baru berubah lagi pada menit ke-41. Bola sepakan Witan melambung ke pojok atas gawang dan masuk.

Itu sebelum M. Rafli mencetak gol keduanya pada menit ke-42. Gol yang dibuat dengan sundulan membuat Indonesia memimpin 5-0.

Indonesia hampir mencetak gol keenam pada menit ke-45+1. Gol keenam baru lahir pada menit ke-45+2 melalui M. Rafli, yang sekaligus mencatatkan hattrick.

Timnas U-19 Indonesia unggul 6-0 hingga paruh pertama berakhir. Indonesia kembali menebar ancaman usai turun minum, di mana sepakan yang mengarahkan bola ke gawang terus dilakukan. Sementara itu Brunei mencoba bangkit.

Peluang didapat Indonesia pada menit ke-63 setelah Egy melakukan tusukan dari sisi samping. Bola yang dikirim Egy gagal dimaksimalkan M. Rafli.

Gol ketujuh dibuat pada menit ke-66. Adalah Witan Sulaeman, yang kembali mencetak gol dengan kepala.

Hanis Saghara memperbesar keunggulan menjadi 8-0 lewat gol pada menit ke-68 setelah Egy Maulana melakukan tusukan dari sisi samping. Bola dikirim Egy ke depan mulut gawang dan dengan mudah diceploskan Hanis.

Gol terus dicari, namun hingga laga berakhir skor 8-0 tidak berubah. Hasil ini membuat timnas U-19 Indonesia mengoleksi sembilan poin dengan catatan selisih gol plus 15.

Indonesia lolos dengan status sebagai juara Grup jika Myanmar menang tipis dengan selisih satu gol atas Vietnam. Timnas U-19 Indonesia akan bertemu runner-up Grup A, Thailand, Jumat (15/9) ini. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Bola Terkini Lainnya
Persaingan ketat Bhayangkara dan Bali United dipuncak klasemen
Indonesia - Selasa, 26 September 2017 - 09:44 WIB

Persaingan ketat Bhayangkara dan Bali United dipuncak klasemen

Laga Bhayangkara FC menjamu Bali United, Jumat (29/9) di Stadion Chandabraga, Bekasi diprediksi akan ketat dalam perebutan papan puncak klasemen ...
Persija Jakarta berbagi poin di kandang Arema FC
Indonesia - Minggu, 24 September 2017 - 22:13 WIB

Persija Jakarta berbagi poin di kandang Arema FC

Persija Jakarta gagal meraih poin penuh di kandang Arema FC, Stadion Kanjuruhan, Malang, Ahad (24/9). Sempat unggul, Persija dipaksa tuan ...
Dokter akan lakukan pembedahan pada cidera Pogba
Inggris - Minggu, 24 September 2017 - 14:30 WIB

Dokter akan lakukan pembedahan pada cidera Pogba

Paul Pogba kemungkinan akan naik meja operasi untuk menyembuhkan cedera hamstring yang tengah dialaminya. Keputusan tersebut akan ditetapkan pekan depan.Pemain ...
Neymar dan Cavani diduga berseteru soal eksekutor penalti
Ragam - Sabtu, 23 September 2017 - 20:04 WIB

Neymar dan Cavani diduga berseteru soal eksekutor penalti

Dihuni banyak pemain bintang, menjadi tantangan bagi pelatih PSG Unai Emery. Namun belum lama, kabar kencang menyebutkan adanya perseteruan antara ...
Joko Driyono jadi Wakil Presiden AFF
Indonesia - Sabtu, 23 September 2017 - 18:51 WIB

Joko Driyono jadi Wakil Presiden AFF

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono resmi terpilih sebagai Wakil Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), pada Kongres AFF di ...
Indonesia dan Thailand diusulkan AFF tuan rumah Piala Dunia 2034
Indonesia - Sabtu, 23 September 2017 - 18:35 WIB

Indonesia dan Thailand diusulkan AFF tuan rumah Piala Dunia 2034

Pada pertemuan federasi sepak bola negara-negara se-Asia Tenggara (AFF) di Nusa Dua, Bali, Sabtu (23/9) muncul sebuah gerbakan bahwa Indonesia ...