Selasa, 22 Agustus 2017 | 18.15 WIB
KiniNEWS>Bola>Ragam>The Jakmania Memastikan Tak Hadiri Jumpa Suporter yang Digagas Kemenpora

The Jakmania Memastikan Tak Hadiri Jumpa Suporter yang Digagas Kemenpora

Reporter : Junaidi Ismad | Kamis, 3 Agustus 2017 - 12:47 WIB

IMG-1489

The Jakmania. (ist)

JAKARTA, kini.co.id – Ketua Umum The Jakmania, Tengku Ferry Indrasjarief, memastikan bahwa The Jakmania tidak akan menghadiri acara Jumpa Suporter yang diprakarsai Kemenpora, Kamis (3/8) siang ini.

Dalam keterangan resminya Ferry Indrasjarief menyebutkan dirinya tidak akan menghadiri pertemuan suporter itu.

Hal itu berkaitan dengan adanya pro dan kontra soal wacana damai, membuat Ferry Indrasjarief merasa belum siap dengan upaya yang dilakukan Kemenpora.

“Kerukunan antarsuporter memang perlu dan kami sangat berterima kasih atas perhatian yang diberikan pihak Kemenpora. Kami sedang merintis upaya damai dengan Viking Persib Club. Namun, perkembangan belakangan ini kami melihat seperti ada upaya mempercepat proses perdamaian tanpa melihat kondisi internal baik di The Jakmania maupun Viking yang masih banyak pro dan kontra,” tulis Ferry Indrasjarief.

“Oleh karena itu, melalui rapat pengurus pada Selasa malam, kami menyatakan belum siap untuk menghadiri acara Jumpa Suporter. Kami tidak ingin terjadi kebingungan, perdebatan, hingga perpecahan di kalangan anggota kami sendiri akibat pro dan kontra yang terjadi. Kami tetap menghormati anggota kami baik yang pro dan kontra,” lanjut Ferry.

“Ke depannya, The Jakmania tetap berkomitmen melakukan upaya-upaya perdamaian dengan melakukan sosialisasi ke arus bawah karena mereka yang merasakan panasnya rivalitas ini,” imbuh Ferry.

Seperti diketahui, ide jumpa suporter yang digelar Kemenpora muncul setelah jatuh korban jiwa seusai laga Persib kontra Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Ricko Andrean, seorang pendukung Persib, kritis hingga akhirnya meninggal setelah menjadi korban salah sasaran pengeroyokan oknum suporter pendukung Persib lainnya akibat melindungi suporter lain yang diduga merupakan anggota The Jakmania.

Berikut isi lengkap surat Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indrasjarief, yang menyatakan ketidakhadiran The Jakmania dalam acara jumpa suporter yang digelar oleh Kemenpora.

Kepada Yth,

Seluruh Elemen Sepakbola Indonesia di tempat.

Assalamualaikum, selamat pagi. Sebelumnya saya mohon maaf sebesarnya kepada rekan-rekan semua karena tidak bisa mendampingi kalian pada acara Jumpa Supporter Sepak Bola Seluruh Indonesia yang diprakarsai oleh Kemenpora Republik Indonesia, padahal seyogyanya kami yang berada di Jakarta lebih pro aktif akan hal ini. Tapi kami baru mengetahui adanya kegiatan ini hari Senin kemarin melalui telpon dari Sdr Yayan.

Kerukunan antar suporter memang perlu dan kami sangat berterima kasih atas perhatian yang diberikan oleh pihak Kemenpora. Kami sendiri sedang merintis upaya damai antara kami dengan Viking Persib Club. Namun perkembangan belakangan ini, kami melihat seperti ada upaya untuk mempercepat proses perdamaian tanpa melihat kondisi internal baik di the Jakmania maupun Viking yang masih banyak pro kontra.

Oleh karena itu, pada Rapat Pengurus Selasa malam, kami menyatakan belum siap untuk menghadiri acara Jumpa Suporter. Kami tidak ingin terjadi kebingungan, perdebatan hingga perpecahan di kalangan anggota kami sendiri akibat pro kontra yang terjadi. Kami tetap menghormati anggota kami baik yang pro maupun kontra.

Kedepannya, the Jakmania tetap berkomitmen untuk melakukan upaya – upaya perdamaian dengan melakukan sosialisasi ke arus bawah karena mereka yang paling merasakan panasnya rivalitas ini.

Demikian penjelasan kami, semoga rekan-rekan semua dapat memahami. Kami tetap berharap bimbingan dari Kemenpora, PSSI dan rekan-rekan suporter semua agar sepakbola Indonesia bisa berjalan lancar dan menghasilkan Tim Nasional yang hebat.

Terimakasih,

Ketua Umum the Jakmania

Ir. T. Ferry Indrasjarief

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Bola Terkini Lainnya
Menang Telak atas Filipina, Vietnam Kembali Pimpin Grup B
Internasional - Senin, 21 Agustus 2017 - 02:04 WIB

Menang Telak atas Filipina, Vietnam Kembali Pimpin Grup B

The Golden Star, julukan bagi Vietnam kembali ke puncak klasemen grup B sepakbola SEA Games Kuala Lumpur 2017. Itu setelah ...
Persib Gunduli Persegres Gresik 6-0
Indonesia - Minggu, 20 Agustus 2017 - 22:54 WIB

Persib Gunduli Persegres Gresik 6-0

Persib Bandung menumbangkan Persegres Gresik United 6-0 pada laga lanjutan kompetisi Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, ...
Giliran Pemain Timor Leste yang Tendang Evan Dimas Dibanjiri Hujatan  Warganet
Internasional - Minggu, 20 Agustus 2017 - 21:41 WIB

Giliran Pemain Timor Leste yang Tendang Evan Dimas Dibanjiri Hujatan Warganet

Pertandingan Timnas Sepakbola Indonesia kontra Timor Leste di ajang SEA Games 2017 yang berlangsung di Stadion Selayang Municipal Council, Selangor, ...
Indonesia Menang Tipis 1-0 Atas Timor Leste
Internasional - Minggu, 20 Agustus 2017 - 21:29 WIB

Indonesia Menang Tipis 1-0 Atas Timor Leste

Tim nasional Indonesia U-22 meraih kemenangan keduanya dari tiga pertandingan di fase grup SEA Games 2017, setelah menaklukkan Timor Leste ...
Bhayangkara Akan Tampil Menyerang Hadapi Sriwijaya
Indonesia - Jumat, 18 Agustus 2017 - 17:10 WIB

Bhayangkara Akan Tampil Menyerang Hadapi Sriwijaya

Penyerang adalah pertahanan terbaik. Itu juga yang akan dilakukan oleh Bhayangkara FC (BFC) saat menjamu Sriwijaya FC pada lanjutan Liga1, ...
Matuidi Dilepas PSG ke Juventus 20 Juta Euro
Ragam - Jumat, 18 Agustus 2017 - 08:29 WIB

Matuidi Dilepas PSG ke Juventus 20 Juta Euro

Runner up Ligue 1 Prancis Paris Saint-Germain (PSG) melepas gelandang serang Blaise Matuidi ke raksasa Serie A Italia Juventus.Pemain dengan ...