Rabu, 18 Oktober 2017 | 19.41 WIB
KiniNEWS>Bola>Ragam>Komdis PSSI Keluarkan 22 Sanksi, Persib Terberat

Komdis PSSI Keluarkan 22 Sanksi, Persib Terberat

Reporter : Junaidi Ismad | Kamis, 27 Juli 2017 - 16:53 WIB

IMG-1467

Kantor PSSI Grand Rubina Busines Park, Kuningan, Jakarta Selatan (kininews/doc)

JAKARTA, kini.co.id – Komisi Disiplin (Komdis) PSSI merilis hasil sidangnya pada Rabu (26/7) kemarin. Dalam sidang tersebut, terdapat 22 hukuman yang ditujukan untuk klub, pemain, serta ofisial dari beberapa tim.

Hukuman terberat diberikan kepada Persib Bandung. Karena ulah suporternya yang terbukti melakukan pelemparan botol dalam laga melawan Persela Lamongan. Persib yang melakukan kesalahan berulang-ulang, Persib dijatuhi denda Rp120 juta.

Selain klub, nama penyerang Bali United, Irfan Bachdim, ikut terkena sanksi hukuman larangan tampil dua pertandingan serta denda Rp10 juta karena mendorong Douglas Ricardo Packer saat timnya menghadapi Barito Putra.

Begitu juga Douglas Ricardo tidak lepas dari sanksi dan dikenai denda sebesar Rp10 juta karena terbukti melakukan tindakan tidak sportif berupa pelanggaran keras terhadap Irfan.

Komdis juga menjatuhkan sanksi keras Persifa Fak-fak berupa kewajiban mengembalikan seluruh subsidi yang diterima dari PT Liga Indonesia Baru serta diturunkan ke divisi lebih rendah pada musim kompetisi tahun 2018 setelah memutuskan mundur dari Liga 2.

Berikut daftar keputusan yang diambil oleh Komdis PSSI berdasarkan sidang Rabu (19/7), sebagaimana dilansir laman resmi PSSI, Kamis:

1. Pemain Persegres Gresik United U-19 Andre Hafani dikenakan sanksi “peringatan keras” karena terbukti melakukan tindakan tidak sportif terhadap wasit pada pertandingan Persela Lamongan U-19 melawan Persegres Gresik United U-19.

2. Manajer Semen Padang U-19 Masykur Rouf disanksi larangan memasuki ruang ganti dan bangku cadangan sebanyak satu kali pada pertandingan Bhayangkara FC U-19 melawan Semen Padang U-19.

3. Pemain Bali United Irfan Bachdim dikenakan sanksi dua kali larangan bermain dan denda Rp10 juta karena Douglas Ricardo Packer pada pertandingan Bali United melawan Barito Putra.

4. Pemain Barito Putra Douglas Ricardo Packer dikenakan sanksi denda Rp10 juta karena terbukti melakukan tindakan tidak sportif melakukan tekel keras terhadap Irfan Bachdim pada pertandingan Bali United melawan Barito Putra.

5. Pemain Persib Bandung Vladimir Vujovic disanksi denda Rp10 juta karena terbukti melakukan protes berlebihan terhadap wasit hingga ke lorong menuju ruang ganti pada pertandingan Mitra Kukar melawan Persib Bandung.

6. Panitia Pelaksana Pertandingan Mitra Kukar disanksi denda Rp10 juta karena penonton Mitra Kukar terbukti melakukan pelemparan botol pada pertandingan Mitra Kukar melawan Persib Bandung.

7. Arema FC disanksi denda Rp10 juta karena terbukti menyalakan suar atau flare pada pertandingan Persegres Gresik United melawan Arema FC.

8. Panitia Pelaksana Pertandingan Persela Lamongan dikenai sanksi berupa denda Rp15 juta karena suporter Persela Lamongan terbukti melakukan pelemparan pada pertandingan Persela Lamongan melawan Bhayangkara FC. Suporter Persela Lamongan telah melakukan pelanggaran berulang.

9. Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Bandung dikenai sanksi denda Rp120 juta karena penonton terbukti melakukan pelemparan botol pada pertandingan Persib Bandung melawan Persela Lamongan. Suporter Persib Bandung telah melakukan pelanggaran berulang.

10. Panitia Pelaksana Pertandingan Persiba Balikpapan dikenai sanksi denda Rp15 juta karena penonton terbukti melakukan pelemparan pada pertandingan Persiba Balikpapan melawan PSM Makassar. Suporter Persiba Balikpapan telah melakukan pelanggaran berulang.

11. Panitia Pelaksana Pertandingan Persipura Jayapura dikenai sanksi denda Rp10 juta karena penonton terbukti melakukan pelemparan botol air mineral pada pertandingan Persipura Jayapura melawan Perseru Serui.

12. Pemain Perserang Serang Agus Dani Akbar dikenai sanksi larangan bermain sebanyak satu kali dan denda Rp10 juta karena terbukti melakukan protes berlebihan sehingga pertandingan terhenti selama 2 menit pada pertandingan Persita Tangerang melawan Perserang Serang.

13. Ofisial Perserang Serang Khamid Mulyono disanksi berupa larangan memasuki ruang ganti dan bangku cadangan sebanyak satu kali dan denda Rp10 juta karena melakukan protes berlebihan pada pertandingan Persita Tangerang melawan Perserang Serang.

14. Pelatih kiper 757 Kepri Jaya FC Mardianto dikenai sanksi berupa larangan masuk ke ruang ganti dan bangku cadangan sebanyak dua kali dan denda Rp50 juta pada pertandingan PSBL Langsa melawan 757 Kepri Jaya FC.

15. Pemain 757 Kepri Jaya FC Bambang Rahmat Hidayat dikenai sanksi berupa laragan bermain satu kali dan denda Rp10 juta pada pertandingan PSBL Langsa melawan 757 Kepri Jaya FC.

16. Persih Tembilahan dikenai sanksi berupa kalah 0-3, nilai dikurangi tiga karena tidak hadir di tempat pertandingan pada pertandingan Persih Tembilahan melawan PSBL Langsa.

17. Perserang Serang dikenai sanksi berupa denda Rp10 juta karena mendapatkan lima kartu kuning dalam satu pertandingan pada pertandingan Persita tangerang melawan Perserang Serang.

18. Persih Tembilahan dikenai sanksi berupa kalah 0-3, nilai dikurangi tiga dan denda Rp25 juta karena tidak hadir di tempat pertandingan pada pertandingan PSMS Medan melawan Persih Tembilahan.

19. 757 Kepri Jaya FC dikenai sanksi berupa denda Rp75 juta karena seluruh ofisial, pemain, manajer, dan pelatih melakukan protes berlebihan sehingga pertandingan terhenti 15 menit pada pertandingan PSBL Langsa melawan 757 Kepri Jaya FC.

20. Panitia Pelaksana Pertandingan PSBL Langsa dikenai sanksi denda Rp15 juta karena penonton terbukti melakukan pelemparan ke lapangan pada pertandingan PSBL Langsa melawan 757 Kepri Jaya FC.

21. PSBI Blitar dikenai sanksi berupa denda Rp10 juta karena mendapatkan lima kartu kuning dalam satu pertandingan pada pertandingan PSBI Blitar melawan Persebaya Surabaya.

22. Persifa Fak-Fak dikenakan sanksi berupa mengembalikan seluruh subsidi yang telah diterima dari PT. Liga Indonesia Baru dan turun ke divisi yang lebih rendah pada musim kompetisi 2018 karena menarik diri dari kompetisi Liga 2. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Bola Terkini Lainnya
Ketimbang Komentari Laga Melawan Bhayangkara FC, Albert Lebih Soroti 2 Hal Ini
Indonesia - Rabu, 18 Oktober 2017 - 19:34 WIB

Ketimbang Komentari Laga Melawan Bhayangkara FC, Albert Lebih Soroti 2 Hal Ini

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, tidak ingin menjawab pertanyaan wartawan mengenai persiapan timnya melawan Bhayangkara FC pada kompetisi lanjutan ...
Jelang Laga Kandang, Bhayangkara FC Waspadai Semua Lini PSM Makassar
Indonesia - Rabu, 18 Oktober 2017 - 19:30 WIB

Jelang Laga Kandang, Bhayangkara FC Waspadai Semua Lini PSM Makassar

Bhayangkara FC akan menjamu PSM Makassar dalam kompetisi lanjutan Liga 1 2017 putaran kedua di Stadion Patriot Candrabhaga, Kamis (19/10/2017) ...
Demo Persib, Bobotoh Teriak Manajemen Bobrok
Indonesia - Selasa, 17 Oktober 2017 - 16:21 WIB

Demo Persib, Bobotoh Teriak Manajemen Bobrok

Ribuan anggota Bobotoh mendatangi Graha Persib di Jalan Sulanjana, Bandung, Selasa (17/10).Demo tersebut digelar untuk menunjukkan protes atas kinerja manajemen ...
Persela pensiunkan nomor punggung 1 demi hormati Choirul Huda
Ragam - Senin, 16 Oktober 2017 - 19:09 WIB

Persela pensiunkan nomor punggung 1 demi hormati Choirul Huda

Manajemen Persela Lamongan memutuskan untuk mempensiunkan nomor punggung 1. Nomor punggung 1 sebelumnya dipakai oleh Choirul Huda.Keputusan ini sebagai bentuk ...
Bahas Liga Indonesia, Menpora- PSSI sepakati hal Ini
Indonesia - Senin, 16 Oktober 2017 - 19:01 WIB

Bahas Liga Indonesia, Menpora- PSSI sepakati hal Ini

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Staf Khusus Olahraga Taufik Hidayat, Plt ...
Indonesia naik empat peringkat di FIFA
Indonesia - Senin, 16 Oktober 2017 - 17:36 WIB

Indonesia naik empat peringkat di FIFA

Tim Sepabola nasional Indonesia naik empat posisi di urutan 165 peringkat Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) berdasarkan data terkini yang ...