Sabtu, 24 Februari 2018 | 12.56 WIB
KiniNEWS>Bola>Indonesia>PSSI Kena Tegur Kemenpora, Liga 1 Kena Imbas Ga Jelas !

PSSI Kena Tegur Kemenpora, Liga 1 Kena Imbas Ga Jelas !

Reporter : Rakisa | Senin, 3 April 2017 - 17:18 WIB

IMG-1132

PSSI (ist)

JAKARTA, kini.co.id – Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menegur keras PSSI terkait verifikasi penyelenggaraan Liga 1. Pasalnya, hingga batas waktu yang ditentukan, PSSI belum juga menyampaikan permohonan verifikasi Liga 1 kepada Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Sesmenpora merangkap sebagai Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, menyebutkan dalam surat bernomor 3.31.8/SET/III/2017 pihaknya telah mengirimkan surat terguran itu kepada ketua umum PSSI pada tanggal 31 Maret 2017.

“Ini sama sekali bukan maksud Kemenpora mendorong BOPI untuk mempersulit PSSI dalam mempersiapkan segera bergulirnya kompetisi sepakbola Liga 1, tetapi justru membantu PSSI untuk melakukan pembenahan agar era reformasi PSSI yang saat ini bergulir dapat secara konsisten diterapkan di semua lini, khususnya terkait kepatuhan PSSI terhadap aturan FIFA dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku,” kata Gatot dalam siaran pers Kemenpora, Minggu (2/3).

Menurut Kemenpora, BOPI merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang untuk menerbitkan rekomendasi penyelenggaraan kegiatan keolahragaan tingkat profesional. Oleh karenanya, baik pihak PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru harus melakukan permintaan verifikasi terlebih dahulu, yang meliputi kelengkapan dokumen klub dan perorangan, seperti bukti pelunasan gaji, surat-surat pajak dan dokumen kontrak pemain.

“Namun demikian faktanya, Pengurus PSSI sejauh ini belum pernah mengajukan permohonan verifikasi kepada BOPI dan seandainya dalam waktu dekat ini harus dilakukan, maka waktunya sangat terbatas,” kata Gatot lagi.

Berdasarkan keterangan Kemenpora tersebut, PSSI dan operator Liga 1 memiliki waktu yang terbatas, padahal kompetisi Liga 1 rencananya akan sudah dimulai 15 April mendatang. Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) BOPI Heru Nugroho mengatakan butuh sekitar satu bulan untuk melakukan proses verifikasi. Surat rekomendasi penyelenggaraan dari BOPI inilah yang nantinya harus diserahkan kepada pihak kepolisian sebagai syarat perizinan keamanan.

“Padahal untuk melakukan verifikasi kami butuh waktu sebulan karena selain melihat dokumen kami juga akan memastikan di lapangan. Jadi tidak akan mungkin kick off dilakukan 15 April sementara proses yang seharusnya dilakukan belum berjalan,” kata Heru kepada wartawan, Senin (3/4).

Heru juga mengatakan pihaknya tidak akan mengeluarkan surat rekomendasi jika tidak ada surat permintaan (verifikasi) yang masuk.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Bola Terkini Lainnya
Milan bertemu Arsenal, Atletico ditantang Lokomotiv
Internasional - Sabtu, 24 Februari 2018 - 07:46 WIB

Milan bertemu Arsenal, Atletico ditantang Lokomotiv

Arsenal berjumpa tim Italia AC Milan di babak 16 besar Liga Eropa, sementara Atletico Madrid ditantang Lokomotiv Moskwa.The Gunners mengalami ...
Bhayangkara FC perkenalkan skuat musim 2018
Liga Indonesia - Sabtu, 24 Februari 2018 - 07:35 WIB

Bhayangkara FC perkenalkan skuat musim 2018

Juara bertahan Liga 1 Indonesia, Bhayangkara FC resmi mengumumkan skuatnya untuk mengarungi kompetisi musim 2018. Juara bertahan itu memperkenalkan 26 ...
Ditekuk Ostersunds Arsenal tetap melaju di Liga Europa
Internasional - Jumat, 23 Februari 2018 - 07:54 WIB

Ditekuk Ostersunds Arsenal tetap melaju di Liga Europa

Arsenal menelan kekalahan di leg 2 babak 32 besar Liga Europa 2017--2018. Menjamu Oestersunds di Stadion Emirates, Jumat (23/2) dini ...
Dortmund singkirkan Atlanta dari Liga Europa
Internasional - Jumat, 23 Februari 2018 - 07:38 WIB

Dortmund singkirkan Atlanta dari Liga Europa

Borussia Dortmund memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Europa usai memaksa hasil imbang 1-1 melawan Atalanta di leg kedua ...
Menang di kandang Leipzig, Napoli malah tersingkir
Internasional - Jumat, 23 Februari 2018 - 07:21 WIB

Menang di kandang Leipzig, Napoli malah tersingkir

Meski menang meyakinkan 2-0 di kandang RB Leipzig pada leg kedua babak 32 besar Liga Europa, Jumat (23/2) dini ...
Menang tipis atas Ludogorets, Milan lolos babak 16 besar
Internasional - Jumat, 23 Februari 2018 - 07:06 WIB

Menang tipis atas Ludogorets, Milan lolos babak 16 besar

AC Milan memastikan lolos babak 16 besar usai menang tipi atas Ludogorets Razgrad pada leg kedua babak 32 besar Liga ...