Minggu, 23 Juli 2017 | 03.40 WIB
KiniNEWS>Bola>Indonesia>Ngotot Lokasi Kongres, PSSI-Kemenpora Seperti Pertontonkan ‘Dagelan’

Ngotot Lokasi Kongres, PSSI-Kemenpora Seperti Pertontonkan ‘Dagelan’

Reporter : Rakisa | Rabu, 12 Oktober 2016 - 12:50 WIB

IMG-160

KLB PSSI 3 Agustus. (Kininews/dok)

Jakarta, kini.co.id – Lima hari menjelang dilaksanakannya Kongres PSSI, yakni pada 17 Oktober mendatang, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan PSSI hingga saat ini belum menumukan solusi pasti terkait dimana lokasi Kongres Pemilihan dengan agenda pemilihan Ketua Umum PSSI dan perangkatnya akan diadakan.

Keduanya mempertontonkan keegosiannya, PSSI ngotot pelaksanaan kongres harus tetap dilaksanakan Makassar karena hasil rapat Exco. Kemepora pun yang diminta rekomondasi tetap meminta agar dilaksanakan di Yogyakarta, belum lagi izin Mabes Polri yang mengeluarkan sesuai rekomondasi pemerintah.

Ketua Komite Pemilihan PSSI, Agum Gumelar menyatakan, PSSI yang berhak untuk menentukan tempat digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB). Menurut Agum, Kemepora dinilai malah membuat langkah reformasi sepakbola terhambat karena mengeluarkan perintah lokasi kongres.

“PSSI yang berhak menentukan tempat digelarnya KLB. Jika pemerintah menginginkan di tempat lain, sebaiknya dikomunikasikan dengan baik. Bukan dengan perintah, jika tidak maka izin tidak keluar,” kata Agum beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto tetap menolak dianggap menginetrvensi PSSI terkait lokasi Kongres Pemilihan PSSI. Untuk itu, Gatot berharap agar PSSI segera merespon surat rekomendasi dipilihnya sebagai lokasi kongres.

“Apa susahnya PSSI mengikuti saran pemerintah. Kempora juga menyadari bahwa persoalannya memang cukup rumit. Kami bukan ngotot, tapi hanya merespons atas permintaan rekomendasi dari PSSI. Kami menghormati keputusan mereka untuk menggelar kongres di Makassar, tapi pemerintah tetap memberikan rekomendasi di Yogjakarta,” kata Gatot kemarin.

Di lain sisi, Anggota Exco PSSI, Tony Apriliany menegaskan, penentuan lokasi Kongres Pemilihan di Makassar, sudah mendapat restu Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) dan Badan Sepakbola Asia (AFC).

“Kami masih tetap pada pendirian sebelumnya untuk menggelar Kongres Pemilihan di Makassar, karena keputusan tersebut merupakan hasil keputusan rapat Komite Eksekutif pada 5 Agustus lalu dan belum ada keputusan untuk memindahkan lokasi kongres,” tegasnya.

Lebih lanjut, Tony mejelaskan, tidak memperdulikan kabar beredar saat ini, yakni keinginan Kelompok 85 yang merupakan anggota PSSI untuk memboikot Kongres Pemilihan jika benar diselenggarakan di Makassar.

Editor: Ade

KOMENTAR ANDA
Berita Bola Terkini Lainnya
Umuh Pasrah Persib Kena Sanksi Lagi Kontra Persija
Indonesia - Minggu, 23 Juli 2017 - 01:26 WIB
Liga 1

Umuh Pasrah Persib Kena Sanksi Lagi Kontra Persija

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengaku pasrah, selain gagal meraih tiga angka pada laga pekan ke-16 Liga 1 yang menjamu ...
Rupanya Ini Alasan Bonucci Tinggalkan Juventus
Internasional - Sabtu, 22 Juli 2017 - 19:57 WIB

Rupanya Ini Alasan Bonucci Tinggalkan Juventus

Bek AC Milan, Leonardo Bonucci memberitahukan alasan meninggalkan Turin dan bergerak ke Milan. Ternyata Bonucci berselisih dengan mantan pelatihnya di ...
Adik Donnaruma Banyak Dibantu oleh Buffon
Internasional - Jumat, 21 Juli 2017 - 14:57 WIB

Adik Donnaruma Banyak Dibantu oleh Buffon

Kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma ternyata mengidolak kiper senior Italia, Gianluigi Buffon. Namun, dirinya lebih ingin menjadi seperti kiper Muenchen, ...
Morata Masih Boleh Balik ke Madrid
Spanyol - Jumat, 21 Juli 2017 - 14:18 WIB

Morata Masih Boleh Balik ke Madrid

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane sampaikan ucapan perpisahan kepada mantan strikernya Alvaro Morata yang bergerak ke London dan bergabung dengan ...
Buffon Kiper Terbaik dalam Sejarah
Internasional - Kamis, 20 Juli 2017 - 19:38 WIB

Buffon Kiper Terbaik dalam Sejarah

Kiper baru Juventus Wojciech Szczesny tetap menghormati seniornya, Gianluigi Buffon. Setelah sebelumnya kiper asal Arsenal ini berstatus pinjaman di AS ...
Mou tak Tertarik Membahas soal Morata
Inggris - Kamis, 20 Juli 2017 - 18:07 WIB

Mou tak Tertarik Membahas soal Morata

Pelatih Manchester United (MU) Jose Mourinho enggan mengomentari tentang Alvaro Morata yang sebentar lagi bergabung dengan rivalnya, Chelsea. The Blues ...