Rabu, 22 November 2017 | 12.36 WIB
KiniNEWS>Bola>Indonesia>Ngotot Lokasi Kongres, PSSI-Kemenpora Seperti Pertontonkan ‘Dagelan’

Ngotot Lokasi Kongres, PSSI-Kemenpora Seperti Pertontonkan ‘Dagelan’

Reporter : Rakisa | Rabu, 12 Oktober 2016 - 12:50 WIB

IMG-160

KLB PSSI 3 Agustus. (Kininews/dok)

Jakarta, kini.co.id – Lima hari menjelang dilaksanakannya Kongres PSSI, yakni pada 17 Oktober mendatang, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan PSSI hingga saat ini belum menumukan solusi pasti terkait dimana lokasi Kongres Pemilihan dengan agenda pemilihan Ketua Umum PSSI dan perangkatnya akan diadakan.

Keduanya mempertontonkan keegosiannya, PSSI ngotot pelaksanaan kongres harus tetap dilaksanakan Makassar karena hasil rapat Exco. Kemepora pun yang diminta rekomondasi tetap meminta agar dilaksanakan di Yogyakarta, belum lagi izin Mabes Polri yang mengeluarkan sesuai rekomondasi pemerintah.

Ketua Komite Pemilihan PSSI, Agum Gumelar menyatakan, PSSI yang berhak untuk menentukan tempat digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB). Menurut Agum, Kemepora dinilai malah membuat langkah reformasi sepakbola terhambat karena mengeluarkan perintah lokasi kongres.

“PSSI yang berhak menentukan tempat digelarnya KLB. Jika pemerintah menginginkan di tempat lain, sebaiknya dikomunikasikan dengan baik. Bukan dengan perintah, jika tidak maka izin tidak keluar,” kata Agum beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto tetap menolak dianggap menginetrvensi PSSI terkait lokasi Kongres Pemilihan PSSI. Untuk itu, Gatot berharap agar PSSI segera merespon surat rekomendasi dipilihnya sebagai lokasi kongres.

“Apa susahnya PSSI mengikuti saran pemerintah. Kempora juga menyadari bahwa persoalannya memang cukup rumit. Kami bukan ngotot, tapi hanya merespons atas permintaan rekomendasi dari PSSI. Kami menghormati keputusan mereka untuk menggelar kongres di Makassar, tapi pemerintah tetap memberikan rekomendasi di Yogjakarta,” kata Gatot kemarin.

Di lain sisi, Anggota Exco PSSI, Tony Apriliany menegaskan, penentuan lokasi Kongres Pemilihan di Makassar, sudah mendapat restu Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) dan Badan Sepakbola Asia (AFC).

“Kami masih tetap pada pendirian sebelumnya untuk menggelar Kongres Pemilihan di Makassar, karena keputusan tersebut merupakan hasil keputusan rapat Komite Eksekutif pada 5 Agustus lalu dan belum ada keputusan untuk memindahkan lokasi kongres,” tegasnya.

Lebih lanjut, Tony mejelaskan, tidak memperdulikan kabar beredar saat ini, yakni keinginan Kelompok 85 yang merupakan anggota PSSI untuk memboikot Kongres Pemilihan jika benar diselenggarakan di Makassar.

Editor: Ade

KOMENTAR ANDA
Berita Bola Terkini Lainnya
Indonesia kembali kalah dari Suriah 0-1
Indonesia - Sabtu, 18 November 2017 - 20:26 WIB

Indonesia kembali kalah dari Suriah 0-1

Timnas Indonesia kembali harus menerima kekalahan dari timnas U-23 Suriah dalam uji cobanya untuk yang kedua kalinya melawan tim ...
Timnas Indonesia dipecundangi Suriah
Indonesia - Kamis, 16 November 2017 - 22:10 WIB

Timnas Indonesia dipecundangi Suriah

Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan di laga uji coba yang berlangsung Kamis (16/11) sore, yang menjamu Suriah U-23 di ...
Januari Timnas uji coba di GBK
Indonesia - Senin, 13 November 2017 - 23:50 WIB

Januari Timnas uji coba di GBK

Sekretaris Jenderal PASTI Ratu Tisha Destria mengatakan, tim nasional Indonesia berencana melakukan uji coba di Stadion Utama Gelora Bung ...
Kalah dari Persija, Bhayangkara FC Tetap Rayakan Pesta Kemenangan di Stadion Patriot
Indonesia - Senin, 13 November 2017 - 15:27 WIB

Kalah dari Persija, Bhayangkara FC Tetap Rayakan Pesta Kemenangan di Stadion Patriot

Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemmy harus tetap menerima kekelahan atas Perija Jakarta setelah di tekuk 2-1 pada laga akhir Liga ...
Dua laga delapan besar Liga 2 batal
Indonesia - Sabtu, 11 November 2017 - 01:32 WIB

Dua laga delapan besar Liga 2 batal

Dua pertandingan babak 8 besar Liga 2 masing-masing PSIS Semarang versus Persebaya Surabaya dan PSPS Pekanbaru kontra PSMP Mojokerto yang ...
Akhir musim ini, Xavi Vernandez pensiun
Spanyol - Sabtu, 11 November 2017 - 01:18 WIB

Akhir musim ini, Xavi Vernandez pensiun

Mantan gelandang Barcelona dan Spanyol, Xavi Hernandez berencana pensiun pada akhir musim dan bertekad untuk mengejar karier kepelatihan.Pria 37 tahun ...