Senin, 23 April 2018 | 06.41 WIB
KiniNEWS>Bola>Indonesia>Ngotot Lokasi Kongres, PSSI-Kemenpora Seperti Pertontonkan ‘Dagelan’

Ngotot Lokasi Kongres, PSSI-Kemenpora Seperti Pertontonkan ‘Dagelan’

Reporter : Rakisa | Rabu, 12 Oktober 2016 - 12:50 WIB

IMG-160

KLB PSSI 3 Agustus. (Kininews/dok)

Jakarta, kini.co.id – Lima hari menjelang dilaksanakannya Kongres PSSI, yakni pada 17 Oktober mendatang, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan PSSI hingga saat ini belum menumukan solusi pasti terkait dimana lokasi Kongres Pemilihan dengan agenda pemilihan Ketua Umum PSSI dan perangkatnya akan diadakan.

Keduanya mempertontonkan keegosiannya, PSSI ngotot pelaksanaan kongres harus tetap dilaksanakan Makassar karena hasil rapat Exco. Kemepora pun yang diminta rekomondasi tetap meminta agar dilaksanakan di Yogyakarta, belum lagi izin Mabes Polri yang mengeluarkan sesuai rekomondasi pemerintah.

Ketua Komite Pemilihan PSSI, Agum Gumelar menyatakan, PSSI yang berhak untuk menentukan tempat digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB). Menurut Agum, Kemepora dinilai malah membuat langkah reformasi sepakbola terhambat karena mengeluarkan perintah lokasi kongres.

“PSSI yang berhak menentukan tempat digelarnya KLB. Jika pemerintah menginginkan di tempat lain, sebaiknya dikomunikasikan dengan baik. Bukan dengan perintah, jika tidak maka izin tidak keluar,” kata Agum beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto tetap menolak dianggap menginetrvensi PSSI terkait lokasi Kongres Pemilihan PSSI. Untuk itu, Gatot berharap agar PSSI segera merespon surat rekomendasi dipilihnya sebagai lokasi kongres.

“Apa susahnya PSSI mengikuti saran pemerintah. Kempora juga menyadari bahwa persoalannya memang cukup rumit. Kami bukan ngotot, tapi hanya merespons atas permintaan rekomendasi dari PSSI. Kami menghormati keputusan mereka untuk menggelar kongres di Makassar, tapi pemerintah tetap memberikan rekomendasi di Yogjakarta,” kata Gatot kemarin.

Di lain sisi, Anggota Exco PSSI, Tony Apriliany menegaskan, penentuan lokasi Kongres Pemilihan di Makassar, sudah mendapat restu Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) dan Badan Sepakbola Asia (AFC).

“Kami masih tetap pada pendirian sebelumnya untuk menggelar Kongres Pemilihan di Makassar, karena keputusan tersebut merupakan hasil keputusan rapat Komite Eksekutif pada 5 Agustus lalu dan belum ada keputusan untuk memindahkan lokasi kongres,” tegasnya.

Lebih lanjut, Tony mejelaskan, tidak memperdulikan kabar beredar saat ini, yakni keinginan Kelompok 85 yang merupakan anggota PSSI untuk memboikot Kongres Pemilihan jika benar diselenggarakan di Makassar.

Editor: Ade

KOMENTAR ANDA
Berita Bola Terkini Lainnya
Babak 16 besar Liga Champions: Madrid tantang PSG, Chelsea vs Barcelona
Liga Champions - Senin, 11 Desember 2017 - 19:04 WIB

Babak 16 besar Liga Champions: Madrid tantang PSG, Chelsea vs Barcelona

Juara bertahan Real Madrid mendapat lawan berat di babak 16 besar Liga Champions 2017/2018. Dalam undian (drawing) yang digelar ...
Bologna dilibas AC Milan 1-2
Serie A - Senin, 11 Desember 2017 - 05:57 WIB

Bologna dilibas AC Milan 1-2

Bologna harus mengakui keunggulan AC Milan dengan skor akhir 1-2 pada lanjutan Liga Italia pekan ke-16 di Stadion Giuseppe ...
Villareal menyerah 0-2 oleh Barcelona
Spanyol - Senin, 11 Desember 2017 - 05:45 WIB

Villareal menyerah 0-2 oleh Barcelona

Villareal harus menyerah 0-2 atas Barcelona dalam laga pekan ke-15 Liga Spanyol di Stadion Ceramica, Senin (11/12).Bagi Barcelona kemenangan atas ...
Balotelli jadi penentu kemenangan Nice atas Nantes 2-1
Ligue 1 Perancis - Senin, 11 Desember 2017 - 05:23 WIB

Balotelli jadi penentu kemenangan Nice atas Nantes 2-1

Penyerang asal Italia, Mario Balotelli, mencetak gol penentu yang memastikan OGC Nice menang 2-1 atas Nantes pada pertandingan Liga Prancis ...
Atletico Madrid kalahkan Real Betis 1-0
Spanyol - Senin, 11 Desember 2017 - 05:04 WIB

Atletico Madrid kalahkan Real Betis 1-0

Atletico Madrid meraih kemenangan penting atas Real Betis dengan skor 1-0 pada pertandingan Liga Spanyol pekan ke-15 di Stadion Benito ...
Lukaku dituding biang kekalahan United 1-2 atas City
Inggris - Senin, 11 Desember 2017 - 04:50 WIB

Lukaku dituding biang kekalahan United 1-2 atas City

Duel derbi antara Manchester City dengan Manchester United berakhir dengan keunggulan bagi David Silva dan kawan-kawan, dengan skor 2-1 pada ...